Tips Berkendara Aman dari Corona

Tips Berkendara Aman dari Corona

 

Bagi anda yang bingung dengan aktivitas di luar rumah sehingga perlu berkendara aman, kami punya beberapa Tips Berkendara Aman dari Corona untuk anda.

Don’t be panic. Just relax yourself and everything will be fine. Tidak usah khawatir yang berlebihan ya, kita hanya perlu waspada tapi tetap tenang ya agar imun kita selalu kuat.

 

Pengenalan

Tips aman berkendara dari Corona

Mulai pertengahan Maret 2020 hingga April 2020 sekarang di Indonesia terjadi kepanikan yang luar biasa akibat pandemic virus Corona yang sangat cepat menyebarnya. Virus Corona ditemukan pertama kali di Wuhan, Cina. Banyak dugaan bahwa warga Cina mengkonsumsi daging hewan yang kurang matang dari masakan bahkan ada yang masih mentah pun mereka makan. Tidak hanya itu, sanitasi dan kebersihan di daerah Wuhan sangat rendah, sehingga menyebabkan bakteri dan virus cepat berkembang biak. Hingga akhirnya bom waktu pun meledak dan akhirnya wabah siklus 100 tahun sekali pun terjadi.

Virus Corona menyerang sejumlah orang di Wuhan dan menyebabkan mereka mempunyai gejala demam, sesak nafas, makan rasanya hambar, kelelahan, dan batuk kering. Batuk ini lah yang menyebabkan keluarnya droplet-droplet yang berisi virus Corona menyebar dan menularkan ke orang lain. Oleh karena itu, WHO (World Health Organization) dan semua para tenaga kesehatan menganjurkan kita untuk memakai masker, melakukan cuci tangan, dan menjaga jarak dari orang lain (physical distancing) sehingga Pemerintah menghimbau agar kita di rumah saja.

Lalu, bagaimana jika kita punya pekerjaan dan aktivitas di luar rumah?

Tenang, kami punya Tips Berkendara Aman dari Corona untuk anda. Yuk simak tipsnya berikut ini.

 

Bersihkan Kendaraan secara Rutin

Tips Berkendara Aman dari Corona

Tips yang pertama adalah selalu menjaga kebersihan kendaraan agar penumpang dan pengemudi tetap sehat dan terhindar dari kuman, bakteri, dan virus. Misalnya untuk kendaraan mobil, pemilik harus rutin membersihkan interior mobilnya terutama di daerah yang sering digunakan seperti setir mobil, head unit, AC, kunci mobil, dll. Area tersebut perlu dibersihkan menggunakan desinfektan atau pembunuh kuman. Hal tersebut untuk menghindari berkembangnya bakteri dan virus di dalam mobil. Selain itu, jangan lupa berikan pengharum mobil yang wangi dan nyaman untuk anda.

 

Gunakan Masker yang Aman

gunakan masker kesehatan

Selalu sedia masker dan gunakan masker ketika hendak beraktivitas di luar ruangan. Masker kain boleh digunakan oleh masyarakat, masker bedah (biasanya berwarna hijau) digunakan oleh orang sakit dan tenaga medis, dan masker N95 digunakan untuk tenaga medis professional di rumah sakit yang menangani kasus virus Corona atau COVID-19.

Tapi sekarang masker harganya naik dan mahal?

Tidak apa-apa, beli yang terpercaya saja ya. Banyak yang murah tapi kalau akhirnya ditipu sama penjual, ya kita amsyong. Lebih baik mengorbankan uang daripada kesehatan.

Yuk, gunakan masker yang aman dan sesuai dengan fungsinya. Jangan seperti ilustrasi yang di bawah ini ya, hehehe.

masker celana dalam

 

Cek Mesin dan Kelengkapan Kendaraan

Jangan lupa cek mesin kendaraan dan kelengkapan kendaraan sebelum pergi beraktivitas keluar rumah. Hal ini penting karena faktor keselamatan dalam berkendara juga dipengaruhi oleh performa mesin kendaraan, rem kendaraan, kelengkapan kendaraan seperti SIM dan STNK. Selain itu, pengemudi harus hati-hati dalam berkendara. Jangan asal salip dan jangan asal kebut, perhatikan situasi, kondisi dan keadaan jalan raya agar pengemudi lainnya tidak terkena imbasnya. Selalu menghormati hak-hak pengguna jalan lainnya seperti pejalan kaki, tukang becak, pengendara sepeda, dan pengemudi kendaraan lainnya.

 

Jaga Jarak dengan Orang Lain (Physical Distancing)

Tips Berkendara Aman dari Corona

Tujuan dari menjaga jarak dari orang lain adalah untuk memutus penularan Virus Corona kepada non-penderita. Seperti yang kita ketahui, flu dan batuk itu sangat cepat menular kepada orang lain apalagi orang terdekat penderita. Misalnya, ada seorang penderita flu dan batuk di rumah dan berkontak langsung tanpa menjaga jarak dan tanpa masker. Maka, kemungkinan besar satu keluarga tersebut akan tertular flu dan batuk. Oleh karena itu, kita mengantisipasinya dengan menjaga jarak dengan orang lain agar kita tidak tertular penyakit.

 

Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa

Tips Berkendara Aman dari Corona

Tips yang terakhir, bedoalah kepada Tuhan sesuai dengan keyakinan diri masing-masing. Kita hanyalah manusia biasa yang tidak tahu masa depan dan takdir kita nanti. Kita telah berusaha semaksimal mungkin. Maka yang terakhir adalah kita mengandalkan keyakinan kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Semoga kita selalu diberikan kesehatan, keamanan, keselamatan, dan ketenangan di dunia dan di akhirat.